how to

Tuesday, December 08, 2009

Struktur Percabangan

Tuesday, December 08, 2009

# If - Then

Bentuk struktur If – Then adalah sebagai berikut :

If Kondisi Then Statement

Ungkapan adalah kondisi yang diseleksi oleh statement If.

Bila kondisi yang diseleksi terpenuhi, maka statement yang mengi-

kuti Then akan diproses, sebaliknya bila kondisi tidak terpenuhi,

maka yang akan diproses statement berikutnya.

Misalnya :

If Pilihan = 2 Then

Begin{ jika kondisi terpenuhi, Yaitu jika pilihan = 2 }

......

......

End

Else{ jika kondisi tidak terpenuhi, yaitu jika pilhan

tidak sama dengan 2}

Begin

.......

.......

End;

Contoh Program :

Uses Crt;

Var

Nilai : Real;

Begin

Write ('Jumlah Nilai :');

Readln (nilai); { Pemasukan data }

If nilai > 60 Then { seleksi kondisi variabel nilai }

Writeln('Lulus') { Dilaksanakan jika nilai lebih besar dari 60 }

Else

Writeln('Tidak lulus'); { Dilaksanakan jika variabel nilai lebih kecil dari 60 }

End.

Hasil :

Jika kita Memasukan 40 pada varibel nilai, Maka program

diatas akan mencetak Tidak lulus.

# If tersarang (nested If)

Struktur If tersarang merupakan bentuk dari suatu statement

If berada di dalam lingkungan statemen If yang lainya. Bentuk

statement If tersarang sebagai berikut :

If kodisi1 Then atau If Kondisi1 Then

If kondisi2 Then Begin

statemen1 IF kondisi2 Then

Else statemen1

statemen2; Else

statemen2

End;

# Case - Of

Struktur Case – Of mempunyai suatu ungkapan logika yang disebut

dengan selector dan sejumlah statemen yang diawali dengan suatu

label permasalahan (case label) yang mempunyai tipe sama dengan

selector.

Statement yang mempunyai case label yang bernilai sama dengan

case label yang bernilai sama dengan nilai selector akan diproses

sedang statemen yang lainya tidak.

Bentuk struktur dari Case - Of:

Case Variabel Kondisi Of

Case – Label 1; Statement 1;

Case – Label 2; Statement 2;

Case – Label 3; Statement 3;

Case – Label 4; Statement 4;

........

........

Case – Label n ; Statement n ;

End ; { end dari case }

Daftar Case label dapat berupa konstanta, range dari konstanta

yang bukan bertipe real.

Contoh program ;

Program nilai;

Var

nil : Char ;

Begin

Write ('Nilai Numerik yang didapat :');

Readln (nil);

Case nil Of

'A': Writeln ('Sangat Baik’);

'B': Writeln('Baik’);

'C': Writeln('Cukup');

'D': Writeln('Kurang');

'E': Writeln('Sangat Kurang');

End;

End.

hasil :

Nilai Numerik yang didapat : B �� Input

Baik

Sumber http://www.ilmukomputer.com

Mencoba contoh Listing Program :

^cobaLah!haL menarik akan muncuL^

1. Program input data dengan array.

Program Pemakaian_Array_Untuk_10_data_dengan_menggunakan_For;

Uses Crt;

Const

garis='------------------------------------------------------';

Var

nil1,nil2 : Array [1..10] Of 0..00; {Array dgn Type subjangkauan}

npm : Array [1..10] Of String [8];

nama : Array [1..10] Of String [15];

n,i,bar : Integer;

jum : Real;

tl : Char;

Begin

ClrScr;

{ pemasukan data dalam array }

Write ('Mau Isi Berapa Data:');

Readln (n);

For i:= 1 To n Do

Begin

ClrScr;

GotoXY(30,4+1); Write('Data Ke-:',i:2);

GotoXY(10,5+i); Write('NPM :'); Readln (npm[i]);

GotoXY(10,6+i); Write('Nama :'); Readln (nama[i]);

GotoXY(10,7+i); Write('Nilai 1 :'); Realdn(nil 1[i]);

GotoXY(10,8+i); Write('Nilai 2 :'); Readln(nil 2[i]);

End;

{ proses data dalam array }

ClrScr;

GotoXY(5,4); Write(Garis);

GotoXY(5,5); Write ('No');

GotoXY(9,5); Write ('NPM');

GotoXY(18,5); Write ('Nama');

GotoXY(34,5); Write ('Nilai 1');

GotoXY(41,5); Write ('Nilai 2');

GotoXY(47,5); Write ('Rata');

GotoXY(54,5); Write ('Abjad’);

GotoXY(5,6); Write (Garis);

{ proses Cetak isi array dan seleksi kondisi }

bar := 7;

For i:= 1 To n Do

Begin

jum:=(nil1[i]+nil2[i])/2;

If jum>= 90 Then tl:='A'

Else

If jum>80 Then tl:='B'

Else

If jum>60 then tl:='C'

Else

If jum 50 Then tl:='D'

Else

tl:='E';

{ cetak hasil yang disimpan di array dan hasil }

{ penyeleksian kondisi }

GotoYX(5,bar); Writeln(i:2);

GotoYX(9,bar); Writeln (NPM[i]);

GotoYX(18,bar); Writeln (NAMA[i]);

GotoYX(34,bar); Writeln (NIL1[i]:4);

GotoYX(41,bar); Writeln (NIL2[i]:4);

GotoYX(47,bar); Writeln (jum:5:1);

GotoYX(54,bar); Writeln (tl);

bar:=bar+1;

End;

GotoXY(5,bar+1);Writeln(garis);

Readln;

End.

2. Program jendela bergerak.

Program Window_Bergerak_dgn_delay;

Uses Crt;

Var i : Integer;

Begin

For i:=1 To 15 Do

Begin

Sound (i*100);

Delay (100);

NoSound;

End;

TextBackGround(black);

ClrScr;

For i := 1 To 9 Do

Begin

TextBackGround(white);

Window (42-i*4,10-i,38+i*4,15+i);

ClrScr;

Delay(100);

End;

TextColor(15);

GotoXY(28,2);Writeln('c');

GotoXY (8,3); Writeln ('3');

GotoXY (28,4); Writeln ('A');

TextColor(black);

GotoXY (44,3); Writeln ('3');

GotoXY (44,2); Writeln ('&');

TextColor (29,4); Writeln ('U');

TextColor (red*25);

GotoXY (30,3); Writeln ('B E L A J A R');

TextColor (black);

GotoXY (5,5); Write('c');

For i := 6 To 64 Do

Begin

GotoXY (i,5); Writeln ('');

End;

For i := 6 To 20 Do

Begin

GotoXY(5,i); Writeln('3 ');

End;

GotoXY (5,21); Writeln (' ');

TextColor(white);

GotoXY(65,5); Write('U');

For i := 6 To 65 Do

Begin

GotoXY (i,21); Writeln(' `);

End;

For i := 6 To 20 Do

Begin

GotoXY(65,i); Writeln('3');

End;

GotoXY (65,21); Writeln ('c');

TextColor(yellow);

Readln;

End.

Sumber ilmukomputer.com

0 comments:

Post a Comment

Before come back, fill comment please!!

 
◄Design by Pocket, BlogBulk Blogger Templates