how to

Tuesday, December 08, 2009

Pengenalan Turbo Pascal

Tuesday, December 08, 2009

Pertama dapet materi tentang Turbo Pascal..binggung dagh!`coz baru pertama kaLi dengar turbo pascal..^katro bgd dweh gw!!^ Tapi materi turbo pascal ini asyik banged kita bisa mbwt program sendiri…kuLiah enjoy banged kLo da tantangan kaya gini!!

Kembali ke topic yaitu bahasa pemograman mempunyai beberapa tingkatan yakni bahasa tingkat tinggi seperti Ada, modula -2, paska, cobolm fortran, basic. bahasa tingkat menengah spt : java, c++, c, forth. bahasa tingkat rendah spt : marco - assembler, assembler.
dari pernyataan diatas dapat kita lihat bahwa bahasa pemograman tingkat tinggi merupakan bahasa yang paling mudah dipahami karena bahasanya sudah menggunakan bahasa manusia yaitu bahasa inggris beda dengan bahasa lain masih menggunakan bahasa mesin.

1. sejarah singkat turbo paskal
paskal merupakn high level language yang berorientasi pada segala tujian, yang dirancang oleh professor niklaus wirth dari techical university di zurich, swirtzerland. nama paskal diambil sebagai penghargaan blaise pascal, seorang ahli matematika dan philosophi terkenal abad 17 dari perancis. niklauis wirth memperkanlkan paskal pertama kali untuk komputer CDC 6000 (contorl data corporation) yang dipublikasikan pada thn 1971 dengan tujuan untuk membantu mengjar program komputer secara sistematis, khususnya untuk memperkenalkan pemograman yang terstruktur. jadi paskal adalah bahasa untuk membuat program terstruktur.

Dalam waktu yang singkat, paskal telah menjadi bahasa pemograman yang populer di kalangan pelajar universitas dan merupakan bahasa yang diajarkan di beberapa perguruan tinggi. standar paskal adalah bahasa paskal yang didefinisakan oleh K. jensen dan niklaus wirth. penerapan nyata dari standar paskal banyak yang berbeda seperti telah didefinisakn oleh K. jensen dan niklaus wirth. standar paskal di eropa didefinisikan oleh ISO (internasional standart organization) dan di amerika oleh kerjasama antara ANSI (american national standart institute ) dengan IEEE ( intitute of electrical and electronic engineers).

2. Struktur Program Pascal
struktur program pascal terdiri dari sebuah judul program dan sebuah blok program atau badan program. blok program dibagi menjadi dua bagian bagian deklarasi (declaration part) dan bagian pernyataan (statement par).

2.1 Deklarasi
Bagian deklarasi digunakan bila didepan program anda mengunakan pengenalan (identifier). identifier dapat berupa label, konstanta, tipe, variabel, prosedur dan fungsi seperti yang dijelaskan diatas. kalo suatu program menggunakan identifier, paskal menuntut supaya identifier tersebut dikenalkan terlebih dahulu sebelum digunakan yaitu dideklarasikan terlebih dahulu pada bagian ini.



a) Deklarasi Konstanta
deklarasi ini digunakan apabila kita sudah mengetahui pasti nilai-nilai pada kontanta tersebut. definisi konstanta diawali dengan cadangan const diikuti oleh kumpulan identifier yang diberi suatu nilai konstanta.


b). Deklarasi Variabel
Merupakan deklarasi yang mempunyai nilai yang berubah-ubah nilainya didalam program. dalam penulisan pada program yaitu var dan nama variabelnya seperti string, integer, real dll dikuti dengna suatu lebih identifier yang dipisahkan tanda titik koma (;)

c) Deklarasi Tipe
Pascal menyediakan beberapa macam tipe dari data terdiri dari :
- tipe data sederhana (simple-type data)
tipe ini dibungkan dengan sebuah identifier untuk sebuah data . yang termasuk tipe data standar adalah tipe integer, real, char, string dan bolean.
- tipe data terstruktur (structure-type data)
terdiri dari beberapa data item yang dihubungkan satu dengan yang lainnya. ada 4 macam tipe dari data struktur yaitu : array, record, file set
- tipe data petunjuk
data ini digunakan untuk membuat data terstruktur tipe dinamik.

d) Deklarasi Prosedur
Merupakan bagian yang terpisah dan dapat diaktifkan dimanapun didalam Program. prosedur dapat berupa prosedur standar maupaun prosedur yang akan dibuat sendiri. Penulisan dalam Programnya yakni procedure ( : );

e) Deklarasi Fungsi
fungsi juga merupakan bagian yang terpisah mirip dengan prosedur, tapi ada beberapa perbedaan. fungsi dapat berupa fungsi standar dan fungsi yang akan dibuat sendiri. bedanya dengan prosedur, kalo prosedur, hasil program bukan merupakan nama prosedur jadi harus memasukkan variable baru dalam prosedur. fungsi, hasil dari program adalah dari nama fungsi itu sendiri.

keterangan-keterangan lain yang terdapat pada paskal :

1. cara menggunakan unit
unit standar merupakan kode mesin yang sudah dikompilasi. dengan demikian penggunaan suatu unit akan dapat mempercepat waktu kompilasi program paskal anda. untuk mengunakan suatu unit maka harus meletakkan suatu anak kalimat Uses di awal blok program. diikuti dengan daftar nama unit yang digunakan. daftar unit terdiri dari system, crt, printer, dos dan graph.

a. unit system : ini adalah pustaka dari runtime turbo pascal yang mendukung semua proses yang dibutuhkan pada waktu runtime (pengerjaan program). unit sistem ini berisi semua prosedur dan fungsi standar dari pascal. unit sistem ini akan secara otomatis digunakam dalam program anda, sehingga tidak boleh disebutkan didalam anak kalimat uses (sebutkan juga boleh).
b. unit crt;
crt digunakan untuk memanipulasi layar teks (windowing, peletakan kursor dilayar, color untuk teks, kode extended keyboard dan lain sebagainya). unit ini hanya dapat digunakan oleh program komputer yang digunakan di komputer IBM PC, IBM AT, IBM PS/2 atau kompatibel dengannya. keuntungannya yakni tambahan kecepatan dan fleksibelitas dari operasi output dilayar.
c. unit printer
merupakan unit yang sangat kecil dirancang untuk penggunaan printer didalam program. bila program dijalankan maka harus disebutkan unit standar printer .


d. unit dos : digunakan bila mana anda menggunakan prosedur-prosedur dan fungsi standar yang berhubungan dengan dos call, semacam gettime, settime, disksize, dll.,

e. unit graph : menyediakan suatu kumpulan rutin grafik yang cantik, sehingga anda dapat memanfaatkannya untuk keperluan-kepeluan pembuatan grafik.

0 comments:

Post a Comment

Before come back, fill comment please!!

 
◄Design by Pocket, BlogBulk Blogger Templates